Pendidikan
Trending

Untirta Jadi Tuan Rumah Evaluasi SMMPTN Barat 2020

SERANG, BANTEN RAYA-Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Wilayah Barat (BKS PTN ) Wilayah Barat merupakan wadah kerjasama bagi perguruan tinggi negeri yang khusus berada di wilayah barat Indonesia.
Wadah atau organisasi ini tidak hanya menjadi wahana bagi PTN Barat untuk menguatkan silaturahmi antar perguruan tinggi akan tetapi lebih dari itu organisasi aktif ini juga saling bekerja sama diberbagai bidang dan ikut pula aktif mensukseskan program pemerintah terutama dibidang pendidikan. Pemberian rekomendasi dan saran pun kerap dilayangkan oleh Badan ini kepada pemerintah sebagai bukti ikut serta dalam pembagunan nasional.
Sedikitnya terdapat 35 perguruan tinggi yang tergabung dalam BKS PTN Barat yang tersebar di pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan dengan 10 bidang ilmu yang menjadi core business yakni ekonomi, hukum, sosial, pertanian, teknik, pendidikan, kedokteran, MIPA, Bahasa sastra seni budaya, dan Keolahragaan.

Di dalam BKS PTN Barat juga terdapat 6 kelompok forum yang digunakan untuk membahas issue issue atau kerjasama agar lebih terfokus dan terarah yakni KKN-Bersama, Penjaminan Mutu, Pascasarjana, Wakil Rektor Bid. Akademik, Ketua LPPM, dan Wakil rektor bidang kerjasama. Saat ini BKS PTN Barat diketuai oleh Prof. Dr. Ridwan Nurazi, SE.,M.Sc dari Universitas Bengkulu.

Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (BKS PTN Barat) melakukan kegiatan Evaluasi Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Barat (SMMPTN Barat) tahun 2020 dan Rapat Tahun XLI tahun 2021 dengan bertempat di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa sebagai tuan rumah.

Related Articles

Sesuai jadwal yang telah disusun kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 26–28 Februari 2021. Selama 3 hari tersebut organisasi ini akan melakukan Evaluasi Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Barat 2020 dan Rapat tahunan XLI BKS PTN Barat dengan agenda pemilihan Ketua dan Sekretaris BKS PTN Barat periode 2021 – 2023 serta pembahasan Implementasi Program Pertukaran Mahasiswa Nusantara Sistem Alih Kredit.

Selain itu Dirjen Dikti Kemdikbud akan memberikan arahan pada kegiatan ini sedangkan dari pihak pemerintah daerah sebagai tuan rumah, Gubernur Banten akan hadir memberikan sambutan dan Bupati Serang akan hadir saat jamuan makan malam di Pendopo Kabupaten Serang . Beberapa materi pun akan disampaikan pula dalam acara ini dengan narasumber yang berasal dari praktisi nasional (Dirut PT. Krakatau Steel) dan Akademisi (Rektor IPB anggota BKS PTN/Ketua Forum Rektor Indonesia).

Untirta yang berkesempatan menjadi tuan rumah saat ini tentunya berupaya semaksimal mungkin agar kegiatan ini dapat berjalan lancar dan memberikan kesan positif bagi para rektor dan wakil rektor yang telah hadir. Hingga tanggal 25 Feb 2021 tercatat 26 Perguruan tinggi yang telah konfirmasi untuk hadir baik rektor, wakil rektor, ataupun perwakilannya.

Adapun yang berhalangan untuk hadir tetap dapat mengikuti acara ini secara daring. Dengan adanya kehadiran tamu penting tersebut Untirta akan memperkenalkan Wisata Banten Lama dan juga agro wisata Bukit Waruwangi.

Sebagai informasi bahwa kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini diberlakukan protokol covid secara ketat. Peserta sebelum datang ke lokasi sudah diminta oleh panitia untuk tes swab. Begitupun pejabat Untirta dan Panitia yang terlibat dalam acara ini, sehari sebelum acara berlangsung sudah di tes antigen.

Diseluruh gedung yang akan dipakai dalam kegiatan ini. sdh disemrpot disinfektan. Penyediaan masker, fasilitas cuci tangan, dan pengaturan jarak pun sudah pasti dilakukan utk mencegah penyebaran covid 19 dan demi kenyamanan serta kesehatan bersama.

Terakhir, segenap Sivitas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungan demi terselenggaranya agenda nasional ini khususnya kepada pihak sponsor yakni Krakatau steel group, Bank BNI, BTN Syariah, dan Bank BJB. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp