Pendidikan
Trending

Untirta Teken MoU dengan Kedubes Indonesia di Tokyo

SERANG, BANTEN RAYA-Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) bersama Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengikuti penanda tanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo Jepang.

Penandatanganan yang berlangsung secara online tersebut, dihadiri Duta Besar Indonesia di Jepang Heri Akhmadi, Komarudin, Rektor UNJ beserta jajaran, H. Fatah Sulaiman Rektor Untirta beserta jajaran.

Duta Besar Indonesia di Tokyo Jepang Heri Akhmadi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kesepakatan kerjasama ini demi kemajuan pendidikan Indonesia. “Pada kesempatan hari ini, saya sangat menghargai ajakan kerjasama dari UNJ dan Untirta dalam kaitan untuk memberikan manfaat positif semua pihak,” katanya, kemarin.

Ia menambahkan bahwa kerjasama yang dilakukan saat ini merupakan kontribusi aktif untuk mensuport program pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah. “Kedepan KBRI akan berupaya mendorong dan menjembatani terwujudnya kerjasama antara UNJ dan Untirta dengan perguruan tinggi, atau institusi penelitian di Jepang dalam upaya implementasi program merdeka belajar,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Untirta H. Fatah Sulaiman memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas inisiatif secara proaktif dari Duta Besar RI di Tokyo Jepang dan UNJ, untuk bersama-sama menuangkan kesepakatan dalam bentuk nota kesepahaman.

“Kerjasama ini akan menjadi salah satu komitmen Untirta sebagai perguruan tinggi negeri di Provinsi Banten, untuk mendukung dan mengoptimalkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik dalam implementasi layanan tridharma perguruan tinggi secara profesional dan proporsional antara Kedubes Ri di Jepang dengan UNJ dan Untirta,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu Rektor Fatah berharap kerjasama ini dapat terealisasi melalui berbagai kegiatan yang menunjang peningkatan pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, khususnya terkait implementasi kampus merdeka dan merdeka belajar.

“Kami juga siap mendorong kemajuan sekolah RI di Tokyo dengan apa yang kita miliki,” dukungnya.

Rektor UNJ, Komarudin menyampaikan perguruan tinggi harus responsif dalam memerankan fungsinya guna melahirkan SDM yang unggul, adaptif, kompetitif dan berkarakter sesuai dengan perkembangan jaman.

“Desain dan implementasi pendidikan tinggi didorong untuk menyiapkan SDM yang memilki kompetensi holistic, baik secara softskill maupun hardskill,: ungkapnya.

Ia berharap semoga dengan nota kesepahaman yang ditandatangani ini dalam nuansa hari pendidikan nasional, bulan suci Ramadan dan dies natalis ke 57 UNJ, dapat segera direalisasikan untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp