DaerahPolitik
Trending

Rano Karno Dapat Dukungan Seniman dan Budayawan untuk Maju di Pilgub Banten 2024

TANGERANG, BANTEN RAYA – Anggota Komisi X DPR RI Rano Karno mendapat dukungan untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2024 mendatang. Dorongan itu diberikan oleh para seniman dan budayawan di Kota Tangerang.  

Demikian terungkap saat Rano berkunjung ke sanggar budaya Sanggar Jampi Kangen yang ada di Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Kamis (18/2/2021).

Kedatangan pemeran Si Doel itu untuk mendengarkam aspirasi mereka. Sebab, pada pandemi korona para pelaku seni dan budaya mengalami dampak langsung. Mereka tidak bisa menggelar acara karena adanya aturan Pemberlakuan pemberlakuan kegiatan masyarakat (PPKM).

Ketua Sanggar Jampi Kangen Ngadion mengatakan, kedatangan Rano Karno ke sanggarnya bisa menjadi semangat para seniman dan budayawan di Tangerang. 

“Kedatangan Pak Rano ke sanggar saya untuk mendengar langsung pelaku seni dan budaya di sini. Semoga ini menjadi solusi, agar para seniman dan budayawan tetap bertahan di tengah pandemi,” ujarnya.

Ngadino mengaku, dengan kepedulian terhadap seniman dan budayawan maka dirinya siap mendukung dan memenangkan Rano Karno jika maju dalam pertarungan Pilgub Banten 2024 mendatang.

“Alesan saya mendukung karena Rano Karno adalah seniman. Jadi saya akan kerahkan para pegiat seni dan budayawan yang ada di Banten untuk mendukung Rano Karno maju di pilgub mendatang,” katanya.

Sementara itu, Rano Karno mengatakan, dari aspirasi yang diperolehnya terungkap jika para pelaku seniman dan budayawan selama pandemi memang sangat berdampak. Bahkan dengan adanya aturan PPKM membuat para pelaku seni dan budaya harus berjuang demi menghidupi keluarganya.

“Untuk pelaku seni dan budaya memang berbeda dengan sektor pariwisata. Saat ini sektor pariwisata telah mendapatkan bantuan dana hibah dari kementerian. Sedangkan pelaku seni dan budaya belum mendapatkan bantuan dan ini sedang di pikirkan demi kesejahteraan para pelaku seni dan budayawan di tengah pandemi,” ujarnya kepada Tangerang Ekspres (jaringan Banten Raya).

Mantan Wakil Bupati Tangerang itu menambahkan, para seniman dan budayawan di tengah pandemi Covid-19, baru mendapatkan bantuan berupa sembako untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kini, bantuan tunai sedang diperjuangkan agar para seniman dan budayawan tetap bertahan dan berkarya.

“Pak Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif-red) saat ini sedang berada di Bali. Beliau sedang menghitung dampak dari pandemi, karena selama pandemi sektor budaya dan pariwisata mengalami dampak yang luar biasa. Semoga, hasil dari hitungan tersebut para pelaku budaya di Indonesia khususnya di Kota Tangerang akan bisa terbantu,” paparnya.

Lebih lanjut dipaparkannya, komisi X DPR RI juga akan membantu dan mencarikan solusinya untuk para budayawan. Sebab, jika mendengarkan aspirasi para pelaku seni dan budaya, seluruh kegiatan berhenti dan tidak bisa dilakukan.

“Kota Tangerang adalah dapil (daerah pemilihan) saya. Maka itu saya akan perjuangkan agar para seniman dan budayawan di kota Tangerang ini bisa terus melestarikan budaya walaupun di tengah pandemi Covid-19,” tuturnya.

Seperti diketahui, Rano Karno pernah menjabat sebagai Gubernur Banten pada 2015 hingga 2017. Rano kembali mencalonkan diri pada Pilgub Banten 2017 berpasangan dengan Embay Mulya Syarief. 

Meski demikian, keduamya harus mengakui keunggulan rivalnya Wahidin Halim-Andika Hazrumy. (ran)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp