Politik

Tiga Parpol di Kota Serang Belum Serahkan Laporan Pertanggungjawaban Hibah Bansos

 

SERANG, BANTEN RAYA – Sebanyak tiga partai politik (parpol) yang memikiki kursi di DPRD Kota Serang belum menyerahkan laporan pertanggungjawaban (LPJ) penerimaan bantuan dana hibah bansos parpol 2020. Padahal, mereka diwajibkan menyerahkan dokumen tersebut melalui Kantor Kesatun Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Serang.

Informasi yang dihimpun, kewajiban tersebut sesuai dengan pasal 37 ayat (3) Peraturan Mendagri Nomor 123 Tahun 2018 tentang Perubahan Keempat atas Permendagri Nomor 32 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bansos yang Bersumber dari APBD. Di sana disebutkan bahwa pertanggungjawaban (penggunaan dana bantuan hibah bansos untuk parpol) agar disampaikan kepada kepala daerah paling lambat 10 Januari tahun anggaran berikutnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kesbangpol Kota Serang Alpedi mengatakan, parpol yang sudah terlebih dahulu menyerahkan LKPJ yaitu PAN, PKS, PKB, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Gerindra, dan PPP.  Sementara yang berencana akan menyerahkan LPJ hari ini adalah Partai Nasdem.

“Yang belum sama sekali Partai Hanura, Demokrat, dan Berkarya,” kata Alpedi, Rabu (13/1/2021).

Alpedi mengatakan, berdasarkan aturan, memang tidak ada sanksi yang bisa dijatuhkan kepada parpol yang terlambat menyerahkan LPJ kepada kepala daerah. Karena itu yang bisa dilakukan hanya tetap mengingatkan parpol agar segera menyelesaikan LJP mereka. Bahkan bila perlu memberikan bimbingan bila ada kesulitan yang dialami parpol saat menyusun LPJ.
“Kewajiban kita hanya mengingatkan. Kalau ada yang belum, kita bantu,” katanya.

Ia mengungkapkan, pada tahun-tahun sebelumnya penyerahan LPJ oleh parpol lancar dan tidak sampai terlambat seperti sekarang. Karena itu bila sampai 15 Januari ada parpol yang belum menyerahkan LPJ maka Alpedi sendiri yang akan mengingatkan ketua parpol. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp