DaerahPemprov BantenPolitik
Trending

WH Mulai Intip Peluang Nyalon di Pilgub Banten 2024

SERANG, BANTEN RAYA- Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mengaku telah melakukan survei secara berkala menjelang Pilgub Banten 2024. Hal itu dilakukan untuk melihat kecenderungan atau perilaku masyarakat terhadap pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

WH mengatakan, dalam berpolitik semua harus terukur. Semua harus dilakukan dengan perhitungan dan persiapan yang matang dengan mempertimbangkan kondisi terkini.

“Kita lihat kondisi yang sekarang, siapa calon-calonnya. Berpolitik itu harus punya strategi, harus punya taktik, harus sabar dan juga lihat momentum. Saya juga survei secara berkala bagaimana kecenderungan warga Banten,” ujarnya kepada awak media di gedung DPRD Provinsi Banten, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang, Selasa (20/4/2021).

Ia menjelaskan, survei dilakukan karena pada dasarnya politik memiliki indikator dan variabel. Indikator dan variabel itu yang dapat mengukur kecenderungan masyarakat. Tren tersebut tentu akan berubah tergantung situasi dan kondisi. “Jadi trennya 2022 seperti apa, 2024 seperti apa. Kita akan lihat perilaku pemilih,” katanya.  

Menurutnya, perubahan tren di masyarakat sangat mungkin terjadi lantaran pilkada 2024 akan digelar setelah pemilihan presiden (pilpres). Namun saat disinggung soal hasil survei yang dilakukannya, WH enggan membeberkannya. Dia berkilah jika surveinya belum rampung.

“Belum baca, belum selesai (surveinya). Setelah pemilihan presiden ada yang namanya dinamika politik. Bisa saja berkembang atas situasi-situasi tertentu. Ini masih mengikuti perkembangan itu,” ungkap mantan anggota DPR RI ini.

Disinggung soal kebijakan Partai Golkar di Banten yang mendorong Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy untuk maju di Pilkada Banten 2024, WH menanggapinya dengan santai. Menurutnya, itu merupakan hal yang lumrah. “Bagus. Dorong mendorong apa masalahnya? Silakan saja dorong,” tuturnya.  

Baca juga

WH Pastikan Bakal Kembali Maju di Pilgub Banten

Seperti diketahui, Partai Demokrat telah merilis kader potensial yang akan diusung pada Pilgub Banten 2024. Nama-nama itu antara lain adalah Gubernur Banten Wahidin Halim, Walikota Tangerang Arief Wismansyah, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Selanjutnya, anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banten Nuraeni. Lalu nama-nama kader seperti Zulfikar, Aeng Haerudin dan Rizki Natakusumah. Terakhir ada nama anak WaKil Presiden Ma’ruf Amin yang saat ini menjabat Wasekjen Demokrat Siti Nur Azizah. (dewa/rahmat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp