Teknologi
Trending

Layanan 5G Telkomsel Resmi Beroperasi, Ini Daftar Smartphone yang Teknologinya Mendukung

JAKARTA – Telkomsel secara resmi meluncurkan layanan 5G-nya. Kendati masih terbatas pada wilayah-wilayah dan residensial tertentu, diluncurkanya layanan 5G Telkomsel ini diharapkan bisa menjadi tonggak baru bagi industri telekomunikasi di Indonesia. Hal itu mengingat banyak negara sudah secara masif mengimplementasikan teknologi jaringan seluler generasi kelima itu.

Dengan mengusung tema ‘5G: Unlock the Future’, semangat yang dibawa dalam peluncuran ini menunjukkan komitmen Telkomsel untuk menghadirkan layanan Telkomsel 5G untuk membuka potensi masa depan yang tak terbatas bagi Indonesia. Peluncuran Telkomsel 5G sekaligus menjadi batu loncatan penting bagi Telkomsel yang genap 26 tahun hadir melayani Indonesia tepat pada 26 Mei 2021 yang lalu.

Selain menegaskan posisinya sebagai operator seluler pertama yang menggelar jaringan 5G di Indonesia, melalui peluncuran ini Telkomsel juga memastikan layanan 5G sudah dapat digunakan secara komersial. Langkah progresif dan strategis ini menjadi bagian dari peta jalan transformasi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, hadirnya 5G secara resmi di Indonesia tidak hanya menjadi batu loncatan penting bagi Telkomsel. Ini juga menjadi momentum besar bagi bangsa Indonesia dalam menyongsong masa depan yang lebih maju dan menjanjikan berkat pemanfaatan broadband terkini yang lebih optimal.

“Kami yakin, hadirnya teknologi jaringan seluler generasi kelima di tanah air ini akan membuka lebih banyak potensi kemajuan Indonesia untuk menjadi bangsa digital yang utuh dan mampu bersaing hingga di tingkat global, terutama dalam kekuatan ekonomi digital,” ujar Setyanto melalui acara peluncuran 5G Telkomsel yang disaksikan secara daring pada Kamis (27/5).

Setyanto kemudian menambahkan, Telkomsel 5G semata-mata hadir untuk masyarakat, industri, dan negara Indonesia. “Untuk itu, komitmen kami selanjutnya adalah untuk menghadirkan layanan Telkomsel 5G untuk seluruh elemen bangsa, bukan hanya untuk kota atau industri tertentu, atau segelintir pelanggan,” lanjut dia.

Pihaknya memastikan, Telkomsel akan memaksimalkan pemanfaatan 5G untuk menghadirkan beragam produk dan layanan digital baru. Ini akan mendorong pertumbuhan digital connectivity, digital platform, dan digital services di Indonesia. Selain itu mendorong pengembangan solusi teknologi masa depan seperti Artificial Intelligences (AI), cloud computing, dan Internet of Things (IoT).

5G dari Telkomsel diklaim akan mengubah cara masyarakat belajar, bekerja, berbelanja, menikmati hiburan digital, hingga mengakses layanan kesehatan berbasis teknologi menjadi lebih mudah dan efisien. Selain itu, Telkomsel juga akan mengoptimalkan pemanfaatan 5G untuk UMKM serta industri lintas sektor seperti kesehatan, logistik, manufaktur, pertanian, pertambangan, dan lain-lain.

Pada tahap pertama komersialisasi, layanan Telkomsel 5G sudah tersedia di beberapa titik di sembilan kota, diantaranya mencakup wilayah Telkomsel Smart Office (Jakarta), di beberapa titik tertentu di enam area residensial di DKI Jakarta (Kelapa Gading Jakarta, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Bumi Serpong Damai, Widya Chandra, dan Alam Sutera).

Selain itu, ada juga wilayah lain seperti GraPARI Bandara Soekarno Hatta, GraPARI Pemuda Surabaya, GraPARI Pettarani Makassar, GraPARI Renon Bali, GraPARI Batam Center, GraPARI Telkom Group Medan, GraPARI Solo, Kantor Balai Kota Solo, GraPARI Balikpapan, Telkom University (Bandung) dan Institut Teknologi Bandung.

Sedangkan terkait dengan ekosistem berupa smartphone, perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2.300 MHz (2,3 Ghz). Adapun kemampuan tersebut dapat ditemukan diantaranya seperti perangkat Oppo Reno 5, Huawei Mate 40, Vivo X60, dan Vivo X60 Pro.

Telkomsel menyebut pihaknya akan terus memperluas kerja sama dengan berbagai mitra device untuk menghadirkan pilihan yang bervariasi bagi seluruh pelanggan Telkomsel, termasuk dengan Apple dan Samsung. Pada tahap awal ini, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di perangkat lunak atau software smartphone.

Telkomsel juga menghadirkan layanan Internet Rumah Orbit 5G melalui perangkat Orbit Ultra yang sudah dilengkapi ekstra kuota data 200 GB untuk 30 hari dan bonus akses layanan Disney+ Hotstar selama 12 bulan.

Kedepannya, Telkomsel akan menghadirkan paket data khusus layanan 5G, yang akan dikembangkan secara berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan gaya hidup dan aktivitas digital pelanggan. Adapun bagi pelanggan yang ingin menikmati layanan Telkomsel 5G, terlebih dahulu harus memastikan beberapa hal.

Pertama, pastikan telah menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G). Kedua, pastikan berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G.

Ketiga, pastikan menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G. Keempat pastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut. Terakhir, pastikan nomor ponselnya telah aktif fitur 5G.

Untuk saat ini nomor ponsel sejumlah pelanggan telah diaktifkan fitur 5G secara langsung (bertambah secara bertahap). Pelanggan juga dapat mengunjungi www.telkomsel.com/5G untuk mengisi form registrasi aktivasi fitur 5G untuk nomor ponselnya dan memberikan aspirasi sebagai bahan pertimbangan pengembangan jaringan Telkomsel 5G. (jpg)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp