Uncategorized

Cegah Banjir Susulan, Pemkot Tangerang Tambal Tanggul-tanggul yang Bocor

TANGERANG – Pemerintah Kota Tangerang merespons prediksi Badan Meteorologi Klimatoligi dan Geofisika (BMKG) tentang potensi terjadinya cuaca ekstrem pada 23 – 24 Februari 2021 di sejumlah wilayah Jabodetabek.

Walikota Tangerang H. Arief R. Wismansyah memimpin rapat yang digelar secara virtual bersama dengan sejumlah OPD Pemkot Tangerang guna mengantisipasi terjadinya peluang terburuk yang akan terjadi termasuk banjir.
“Segera petakan titik – titik kebocoran tanggul dan langsung lakukan penambalan, buat juga penahan air tambahan di sekitar tanggul,” ujar Arief saat memimpin rapat koordinasi antisipasi cuaca ekstrem, Senin (22/2).

“Petugas dari Dinas LH dan Budparman juga digeser untuk bantu prosesnya agar bisa cepat,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga menugaskan kepada jajaran Dinas PUPR untuk melakukan pengurangan debit air di embung dan tandon agar dapat digunakan sebagai penampungan air sementara saat intensitas curah hujan tinggi.

“Cek juga aliran Sungai Cirarab, pastikan agar alirannya lancar sampai Bendung Sarakan sehingga banjir di area Periuk bisa segera surut,” pintanya.

Arief juga mengimbau agar masyarakat yang tinggal di area sekitar sungai ataupun di wilayah dataran rendah untuk tidak panik namun tetap waspada dalam mengantisipasi terjadinya cuaca ekstrem mendatang. “Pemkot upayakan yang terbaik agar masyarakat bisa tetap aman,” kata Arief.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangerang Sachrudin meminta petugas membantu warga yang bersih-bersih lingkungannya paska banjir surut. “Alhamdulillah sudah mulai surut, warga dibantu petugas kini mulai melakukan bersih-bersih rumah dan lingkungan sekitar serta pengangkutan sampah yang terbawa banjir,” imbuh Sachrudin.

Membantu kebutuhan warga pasca banjir, Pemkot Tangerang mengirimkan petugas kebersihan dan beberapa armada dengan muatan air bersih serta beberapa truk sampah ke lokasi dimaksud. “Kami bantu dengan menerjunkan 40 petugas kebersihan dan menyediakan 20 tangki air bersih serta truk sampah untuk dapat memudahkan warga melakukan bersih-bersih di rumah masing-masing. Tetap waspada, banjir bisa membawa hewan liar seperti ular untuk bersarang ditempat-tempat yang lembap,” kata Sachrudin.

Sachrudin meminta warga terdampak banjir menjaga kesehatannya. “Tetap jaga kesehatan, jika merasa lelah lebih baik istirahat. Kemudian jika merasa kurang sehat agar lapor ke petugas kesehatan secepatnya untuk mendapatkan pengobatan,” katanya. (*/nurdin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp