DaerahKota CilegonUncategorized

Duaaarrr!! Terdengar Ledakan dari PT Dover Chemical, Warga Cium Bau Bahan Kimia

CILEGON, BANTEN RAYA- Sebuah ledakan terjadi di pabrik kimia PT Dover Chemical yang terletak di Jalan Raya Merak, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, Selasa (22/12/2020) siang. Pasca ledakan, warga di sekitar lokasi yang berhamburan ke luar ruangan karena mencium bau yang diduga berasal dari bahan kimia. 

Warga Lingkungan Kalibaru, Kelurahan Gerem Masitoh mengatakan, pada Selasa (22/12/2020) sekitar pukul 12.45 WIB dirinya mendengarkan suara keras berasal dari PT Dover Chemical. Suara dentuman tersebut cukup mengagetkannya. 

“Tiba-tiba pas jam satu kurang seperempat ada suara keras. Terus warga pada keluar rumah semua,” kata Masitoh ditemui di depan PT Dover Chemical.

Ia menjelaskan, setelah warga keluar dari rumah, terlihat kepulan asap putih dari dalam pabrik PT Dover Chemical. Selain asap, seng pada sisi timur pabrik juga terlihat rusak. “Seng yang di atas pada rusak,” terangnya. 

Masitoh menjelaskan, warga juga merasakan bau tak sedap seperti halnya bau bahan kimia. Dari sejak PT Dover Chemical berdiri, sudah beberapa kali terjadi ledakan. “Sejak beroperasi PT Dover udah ada tiga kali meledak,” ungkapnya. 

Ketua RT01/02 Kelurahan Gerem Afa Sukuan mengatakan, pasca ledakan terjadi pihaknya sudah menanyakan ke manajemen PT Dover Chemical. Menurut manajemen PT Dover Chemical, ledakan berasal dari area resin. “Meski ada bau menyengat, kata PT Dover warga tidak perlu dievakuasi,” katanya. 

Afa menjelaskan, pihaknya meminta PT Dover Chemical bertanggungjawab memberikan kompensasi ke warga. “Kami minta PT Dover untuk memberikan masker dan susu. Kita akan audiensi dengan Dover, rencana hari ini juga untuk menjelaskan ini,” tegasnya. (gillang)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: