Wisata & Kuliner
Trending

Kolam Renang Sukacai Rafali, Bekas Galian yang Kini Jadi Kolam Keluarga

SERANG, BANTEN RAYA- Kolam Renang Sukacai Rafali yang berlokasi di Kampung Sukacai, Desa Sukacai, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Banten, merupakan vila keluarga milik Lili Hambali (57). Semula vila yang dimiliki pegawai Badan Pertanahan Negara (BPN) Kota Cilegon ini hanya merupakan sawah yang tanahnya bekas galian namun tidak terurus.

Lalu ia pun membuat kolam ikan sebagai hobi untuk memancing dan dimanfaatkan sebagai budi daya ikan selama kurang lebih setahun.
Namun setelah kunjungannya ke Sukabumi dan melihat sebuah hotel dengan vila indah yang dilengkapi dengan kolam renang, maka ia pun mengubah penataan vila miliknya dengan dilengkapi kolam renang. Ia membayangkan alangkah indahnya vila dengan kolam renang.

Maka, kolam ikan yang semula digunakan sebagai budi daya ikan ia ubah menjadi kolam renang. Setelah pembangunan kolam renang pertama yang untuk dewasa selesai dilanjutkan dengan pembangunan kolam renang kedua yang diperuntukkan bagi anak-anak. Pembangunan dua kolam renang itu memakan waktu kurang lebih dua tahun dan dibangun perlahan-lahan.

Sampai dua kolam renang itu jadi, ia masih menggunakannya untuk kalangan terbatas keluarga sendiri sampai kira-kira satu tahun. Seiring waktu banyak permintaan dari warga sekitar untuk bisa menggunakan kolam itu. Semakin hari semakin banyak yang meminta kolam bisa dinikmati oleh orang luar akhirnya kolam renang milik keluarga ini dibuka untuk umum pada tahun 2019.

Kolam Renang Sukacai Rafali memiliki dua kolam renang, yaitu kolam untuk dewasa dan anak-anak. Kolam anak-anak memiliki kedalaman 60 cm sampai 80 cm. Kolam ini bisa digunakan anak-anak usia 3 tahun ke atas.
Sementara kolam renang untuk dewasa memiliki kedalaman 1 meter sampai dengan 1,20 meter. Cocok untuk anak usia 10 tahun ke atas.
Selain kolam renang, fasilitas lain yang dimiliki kolam renang ini misalkan ruang bilas, kamar mandi, ruang ganti, dan gazebo. Semua fasilitas itu gratis dan bisa digunakan oleh pengunjung.

Baca juga
https://bantenraya.com/wisata-kuliner/kolam-renang-sukacai-rafali-sensasi-berenang-di-air-segar-dari-gunung-karang/

Bahkan ruangan atas kantin yang lapang seperti aula terbuka juga bisa digunakan pengunjung secara gratis ketika yang bawah sudah penuh. Namun, bila menggunakannya untuk acara keluarga seperti arisan dan ulang tahun maka pengunjung perlu mengeluarkan anggaran Rp200.000 untuk uang kebersihan.

Aula itu sudah beberapa kali digunakan untuk acara ulang tahun bahkan pernah digunakan untuk kegiatan kedinasan, salah satunya daei Dinas UMKM Serang yang difasilitasi oleh Provinsi Banten.
“Untuk vila selama ini untuk kita-kita aja tapi kalau mau ada yang sewa tarifnya Rp700 ribu per malam,” katanya.
Penamaan kolam renang ini menggunakan nama Rafali yang merupakan dari nama cucu pertama Lili dari anaknya yang bernama Siti Sabila Azka. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp