Wisata & Kuliner
Trending

Kolam Renang Sukacai Rafali, Sensasi Berenang di Air Segar dari Gunung Karang

SERANG, BANTEN RAYA- Kolam Renang Sukacai Rafali yang berlokasi di Kampung Sukacai, Desa Sukacai, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Banten, berbeda dengan kolam renang di daerah lain. Salah satu yang membedakan yaitu air yang digunakan di kolam renang ini. Semua berasal dari sumber air Gunung Karang. Sensasi mandi di kolam ini akan menimbulkan rasa segar dan tak mau berhenti.

Lili Hambali (57), pemilik kolam renang mengatakan, untuk ketersediaan air, karena tepat berada di bawah kaki Gunung Karang, maka air sangat melimpah. Bahkan ketika pertama kali ia melakukan pengeboran air ia beruntung karena langsung mendapatkan sumber air. Tidak dipasangi alat pun air mengalir deras. “Awalnya airnya kencang,” kata Lili.

Namun setelah itu air berangsung tidak sekencang dulu dan sekarang ia menggunakan alat penyedot air bawah tanah untuk memenuhi kebutuhan air di kolam renangnya.
Lili mengungkapkan, agar pengunjung merasa nyaman dan aman saat berenang di kolam miliknya, maka ia merawat dengan baik kolam renang itu dengan perawatan rutin setiap minggu. Selain mengganti sebagian air kolam, ia juga menambahkan bahan penghilang bakteri dan penyebab lumut. Namun dosisnya tidak terlalu banyak sehingga tidak menimbulkan bau.

“Terlebih kalau sudah ramai pengunjung pasti kami bersihkan dan sedot kotorannya,” ujarnya.
Lili menyatakan, ia ingin memastikan para pengunjung yang datang ke Kolam Renang Sukacai Rafali merasa nyaman dan sehat. Meski untuk bisa menjaga kualitas air itu menurutnya sedikit kerepotan.
Kolam Renang Sukacai Rafali mulai beroperasi tahun 2019 dan selalu penuh dikunjungi wisatawan lokal, terlebih pada libur nasional dan akhir pekan.

Setiap akhir pekan, pengunjung yang datang ke Kolam Renang Sukacai Rafali ini bisa mencapai 200 orang. Ketika libur Lebaran, jumlah pengunjung akan bertambah dua kali lipat bahkan lebih sehingga bisa mencapai 500 orang. Bahkan lokasi parkir pun harus di luar area kolam renang karena jumlah pengunjung sangat banyak.

Pengunjung yang ingin datang pun tidak akan sulit menemukan Kolam Renang Sukacai Rafali karena lokasinya tidak jauh dari Jalan Raya Serang-Pandeglang. Hanya sekitar 1 kilometer sampai 2 kilometer dari jalan utama.
Jika pengunjung berasal dari arah Palima, setelah Duren Jatuhan Haji Arif Baros lewat sedikit lalu belok ke kanan ke arah Gunung Karang. Jalan yang dilewati akan sedikit menanjak namun jalan yang dilewati sudah dibeton.
Bila pengunjung lewat arah Pandeglang, maka lokasi Kolam Renang Sukacai Rafali berada di sebelah kiri sebelum Duren Jatuhan Haji Arif Baros.

Kolam Renang Sukacai Rafali buka setiap hari pada pukul 08.00-17.00 WIB. Tiket masuk untuk anak-anak Rp10.000 sementara untuk dewasa Rp15.000.
Untuk tarif parkir kendaraan, bagi sepeda motor hanya Rp2.000 sementara untuk mobil Rp5.000. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp